Bikin Gebrakan Masuk Indonesia, Honor Siap Pikat Pengguna Milenial

Bikin gebrakan masuk Indonesia, Honor siap pikat pengguna milenial dengan meluncurkan tiga smartphone sekaligus. Honor mungkin masih terasa asing di kalangan penggemar gadget tanah air. Tapi, siapa sangka ternyata pabrikan gadget asal Tiongkok ini sukses menaklukkan dominasi Xiaomi di negara Tirai Bambu.

Honor merupakan anak perusahaan dari pabrikan elektronik terkemuka Tiongkok, Huawei yang berdiri sejak tiga tahun lalu. Namun, guna mendukung pemasaran produk di Indonesia, Honor justru lebih memilih menggandeng PT. Icool International Indonesia daripada Huawei sebagai distributor resmi.

Berhasil Menaklukkan Dominasi Xiaomi

Meski bisa dikatakan baru seumur jagung, Honor justru membuat kejutan dari segi penjualan baik di China maupun di mancanegara. Menurut riset Sino Market Research, penjualan online Honor di pasar China sendiri mencapai 54,5 juta unit dan pendapatan 78,9 miliar Yuan.

xiomi sebuah hp

Pencapaian tersebut berhasil mengungguli Xiaomi yang menempati urutan kedua dengan capaian penjualan 50,9 juta unit dan pendapatan 63,7 miliar Yuan. Bahkan riset pasar GfK mengungkapkan bahwa Honor meraih posisi ketiga tepat di bawah Samsung dalam hal jumlah pendapatan dan volume penjualan di Rusia.

Strategi Marketing Menyasar Generasi Milenial

Keberhasilan Honor tak lepas dari tiga pilar strategi marketing Honor yakni estetika, penawaran teknologi baru dan aksesibilitas bagi generasi muda. Di Tiongkok, Honor dikenal sebagai produsen gadget yang sering mengadakan acara festival musik-musik indie dan orisinil.

Acara festival musik yang dinamai dengan Honor Voice Maker ini berhasil menjaring sekitar 130 grup band dari kampus-kampus lokal. Tak tanggung-tanggung, Honor juga menunjuk penyanyi internasional Lenka sebagai brand ambassador globalnya guna menjaring lebih banyak konsumen muda berusia 18 hingga 30 tahun.

 

strategi pemasaran untuk milenial

Penyanyi asal Australia tersebut didapuk menciptakan dan menyanyikan lagu tema Honor yang berjudul “We Are The Brave”. Lagu ini memancarkan antusiasme dan keberanian dalam mengejar inspirasi, sesuatu yang menggambarkan semangat pengguna smartphone Honor.

Merilis Tiga Seri Smartphone Canggih Sekaligus

Keberhasilan Honor juga tak lepas dari dirilisnya beberapa seri smartphone Honor tercanggih di pasar China maupun mancanegara. Seri Honor X seperti Honor 4X dan Honor 7X merupakan dua seri smartphone yang mencapai raihan penjualan 40 juta unit secara global.

Sementara untuk pasar Indonesia, rencananya Honor akan memperkenalkan tiga smartphone sekaligus di kuartal pertama tahun ini. Ketiga smartphone tersebut adalah Honor 9 Lite, Honor 7X dan Honor View 10. Uniknya, masing-masing seri Honor tersebut memiliki keunggulan tersendiri guna memenuhi kebutuhan gaya hidup milenial yang dinamis.

meliris smartpon canggih

Sebagai smartphone kelas menengah, Honor 9 Lite berhasil mencuri perhatian publik tanah air daripada kedua saudaranya. Smartphone berukuran layar 5,65 inci ini memiliki tampilan nyaris tanpa bezel dengan kamera ganda beresolusi 13MP + 2MP yang terletak di bagian depan dan di bagian belakang.

Kalau Honor 9 Lite memiliki kamera ganda, beda lagi dengan saudaranya Honor 7X. Smartphone bercangkang metal ini lebih menekankan pada spesifikasi dapur pacunya yang handal. Smartpone berukuran layar 5,9 inci ini mengusung jeroan prosesor Kirin 659 Octa-core berpadu dengan RAM 4GB yang bekerja di atas sistem operasi Android 8.0

Sementara itu, Honor View 10 merupakan seri smartphone terkencang dan tercanggih. Smartphone berprosesor Kirin 970 ini memiliki basis kecerdasan buatan yang memungkinkan smartphone untuk mengenali obyek dalam 36 mode foto. Smartphone ini juga bisa mati secara otomatis apabila pengguna memejamkan mata.

Rencananya, Honor View 10 akan dirilis di kisaran harga Rp 6 jutaan. Sedangkan kedua smartphone lainnya dibanderol dengan harga lebih murah yakni sekitar Rp 2 jutaan untuk Honor 9 Lite dan Rp 3 jutaan untuk Honor 7X.

Spread the love